Kegiatan Mengajar Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University di SD Negeri Gowak

Foto Bersama Usai Kegiatan Mengajar Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University di SD Negeri Gowak

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University mengadakan kegiatan mengajar di SD Negeri Gowak, Kecamatan Lasem pada tanggal 22-27 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kerjasama, kepedulian siswa terhadap sekitar, kepekaan, dan mengenalkan kegiatan belajar dengan media yang sudah di siapkan.


Hari pertama dimulai dengan perkenalan diri mahasiswa KKN-TI IPB University dengan siswa kelas 1. Kemudian dilanjut dengan perkenalan diri siswa satu persatu. Setelah itu siswa siswi menulis nama mereka di kertas yang sudah disediakan.


Hari berikutnya dilanjutkan dengan bermain games dan bernyanyi sambil menari. Games yang digunakan adalah bermain game ular naga balon, yaitu dengan siswa membentuk ular memanjang yang di tengah-tengah diisi oleh balon dan jangan sampai balon tersebut terjatuh. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kerjasama antar siswa, fokus, dan kehati-hatian dalam berbuat. Selanjutnya adalah bermain di lapangan yaitu permainan kepala pundak lutut kaki dengan merebutkan balon di bawah, kegiatan ini untuk melatih fokus dan kecepatan dalam melakukan sesuatu.


Acara ini ditutup dengan belajar doa sehari-hari dan makan bersama. Acara makan dibawa oleh masing-masing siswa dari rumah, hal ini bertujuan agar mengurangi penggunaan sampah dan mengajarkan gaya hidup sehat, karena makanan yang dimasak dari rumah kita tahu komposisinya daripada yang dibeli di warung. Pengenalan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk menunjang terbentuknya badan yang sehat dan berat badan yang ideal. Selain makanan yang sehat para siswa juga membawa minum air putih dari rumah, hal ini  untuk menghindari dari konsumsi gula yang berlebih dari minuman kemasan. Mengajarkan hidup sehat sejak dini digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit kronis. Sebelum makan siswa diajarkan cara mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun digunakan untuk membersihkan kotoran dan kuman.


Selama 2 hari di kelas 4 materi yang diajarkan adalah IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), Seni Rupa, Matematika, dan Bahasa Inggris.


Materi IPAS yang diajarkan yaitu mengenai perubahan energi, alat yang digunakan saat praktik adalah lilin, kertas HVS, dan benang jahit, praktik ini digunakan untuk menguji perubahan energi panas menjadi gerak. Praktik ini dipandu langsung oleh Tia dan Husna sebagai perwakilan tim KKN. Sebelum melakukan praktik lebih dulu dijelaskan materi yang disajikan dalam bentuk ppt. Setelah materi selesai maka kegiatan praktik dilakukan. Pengujian mengenai energi panas menjadi gerak dapat terbukti dengan adanya praktik tersebut.


Pelajaran matematika dipandu oleh Jourdy dan Ana yang memberi materi mengenai perkalian sederhana, kemudian siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing kelompok diberi soal berbeda, siswa diberi waktu 1 menit untuk menyelesaikan soal yang menurut mereka gampang, kelompok yang menjawab benar paling banyak dialah yang menang, sebagai bentuk penghargaan diberi hadiah makanan dan pensil.


Pelajaran bahasa inggris dipandu oleh Artha dan Hilmi, kegiatan ini dimulai dengan bermain games secara berkelompok, kelompok yang menang adalah kelompok yang bisa menjawab benar paling banyak. Sebelum memulai permainan siswa menghafalkan mengenai kata-kata bahasa inggris dan Indonesia tentang hobi dari masing-masing siswa. Games ini dilakukan dengan mencocokan hobi dalam bahasa Indonesia dengan bahasa inggris.


Materi Seni Rupa dipandu oleh Ratna dan Gumilar, kegiatan ini diisi dengan pembuatan bentuk kupu-kupu dan kepiting dari origami, keterampilan dan kelihaian tangan diperlukan disini, kesabaran dalam melakukan step by step diperlukan supaya kertas origami tidak robek/rusak dan bentuk origami sesuai dengan yang kita inginkan.


Acara ditutup dengan kegiatan senam pada Sabtu pagi. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa KKN-TI IPB University dengan seluruh warga sekolah SDN Gowak. Senam yang dilakukan adalah senam Maumere dan senam poco-poco. Acara ini sekaligus sebagai pamitan mahasiswa KKN-TI karena sudah diberi kesempatan untuk mengajar dan menyebarkan ilmu kepada adik-adik dari SDN Gowak. Harapan dari adanya kegiatan mengajar ini adalah supaya kegiatan belajar merdeka belajar tidak harus melulu mengeluarkan uang yang banyak, namun bisa menggunakan media dari barang bekas, sepert kertas yang digunakan kembali.

Next Post Previous Post
Jasa ISBN