Penyuluhan Hukum dan Talkshow Kesehatan di Desa Maguan

Foto Bersama Usai Pelaksanaan Penyuluhan Hukum dan Talkshow Kesehatan di Desa Maguan (Sumber foto : Kelompok 20 PKM FH UB)

Pada Rabu, 10 Juli 2024, Kelompok 20 PKM FH UB melaksanakan Legal Talkshow yang mengangkat tema “Mengenali Bagaimana Tata Kelola Pemerintah Desa”. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Kantor Desa, Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sasaran dalam kegiatan ini adalah perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa serta pelaku UMKM di Desa Maguan. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman terkait bagaimana pelaksanaan tata kelola pemerintahan desa dan pengelolaan Bumdes yang baik. 

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar dua puluh orang yang mana diantaranya merupakan orang-orang dari perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa Maguan, dan pelaku UMKM yang berada di Desa Maguan. Rangkaian acara dalam kegiatan ini dimulai dengan pembukaan mc, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan oleh perangkat desa, lalu penyampaian materi dan penutupan.

Pemateri pada kegiatan ini adalah Bapak Muhammad Akbar Nursasmita S.H., M.H., selaku dosen di Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya, dan Samuel Sihombing yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya. Dengan adanya kegiatan ini, Pemerintah Desa Maguan dapat lebih memahami peran dan fungsinya selaku pelaksana pemerintahan di desa sehingga dapat mengetahui bagaimana strategi pengelolaan dan pembangunan desa dengan baik, serta tata kelola Bumdes yang baik.

Kemudian pada Selasa, 2 Juli 2024, Kelompok 20 PKM FH UB juga melaksanakan Talkshow dengan tema “Building Strong Immunity & Bright Minds: Nutrition for Growth and Development”. Sasaran kegiatan ini ditujukan kepada Ibu-Ibu PKK Desa Maguan untuk memberikan edukasi dan memperluas wawasan mengenai pentingnya pemenuhan gizi terhadap anak untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang lebih baik. Selain itu, dengan pemenuhan gizi yang tepat dapat menghindarkan anak dari beberapa penyakit seperti malnutrisi, perkembangan anak yang terlambat, obesitas atau bahkan stunting. 

Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 15 orang dari Ibu-Ibu PKK Desa Maguan. Rangkaian acara kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK, membaca 10 program PKK bersama, kemudian pemaparan materi, dan penutupan. Pemaparan materi disampaikan oleh Amira Wahyudi selaku Koordinator Desa Kelompok 20 PKM FH UB dan Dio Pratama selaku Kepala Koordinator Beasiswa Pertamina. Dengan adanya kegiatan ini, Ibu-Ibu PKK menjadi memiliki pemahaman terkait gizi dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, juga diberikan edukasi mengenai pencegahan dan pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan gizi yang terjadi pada anak. 

Next Post Previous Post
Jasa ISBN