Kreativitas Ecoprint Orang Tua dan Anak di Perumahan Sukun Pondok Indah RW 007 Kota Malang oleh Mahasiswa PMM-UMM kelompok 104 Gelombang 9

Kreativitas Ecoprint Orang Tua dan Anak di Perumahan Sukun Pondok Indah RW 007 Kota Malang oleh Mahasiswa PMM-UMM kelompok 104 Gelombang 9  (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Nalar Rakyat, Nasional
- Dalam upaya meningkatkan hak pola asuh anak di Perumahan Sukun Pondok Indah RW 007 kegiatan Kreativitas Ecoprint orang tua dan anak bisa menstimulasi bagaimana tumbuh kembang si Kecil agar dapat optimal. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang diwajibkan melakukan Kegiatan Pengabdian oleh Mahasiswa kepada Masyarakat (PMM) memiliki tema Bhaktiku Negeri Kelompok 104  Gelombang 09 di Perumahan Sukun Pondok Indah RW 007, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. PMM ini dilakukan oleh perorangan atau kelompok yang berisikan 5 orang dengan mempunyai tujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat

PMM merupakan salah satu program yang ada dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang dengan Dosen Pembimbing (DPL) yakni Abdus Salam, S.Sos., M.Si.

Kegiatan ini telah di laksanakan oleh anggota kelompok yaitu Nova Angraini (202110040311130) sebagai Koordinator, Maulidya Tryas Aryanti (202110040311178)  , Anisa Aulia (202110040311198) , Devira Fadia Anggana (202110040311205) dan Salsa Feby Rahmaningtyas (202110040311208).

(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Kegiatan Kreatifitas Ecoprint ini dilakukan oleh peserta Balita yang di dampingi oleh Orang tua atau wali memiliki tujuan untuk mengembangkan fisik motorik dan perkembangan emosional anak usia balita bisa terstimulasi dengan baik. Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 12 Agustus 2024 di Posyandu Perumahan Sukun Pondok Indah RW 007, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Ecoprint ini sendiri merupakan seni kreatif menggunakan bahan organik dengan mencetak motif alami dari daun yang dapat menghasilkan pigmen warna dengan menempelkan ke tas canvas yang sudah di sediakan. teknik yang di gunakan yaitu teknik pukul atau pounding tentunya peserta balita akan di sediakan palu dan tentunya juga di dampingi langsung oleh orang tua.

Ecoprint  bahan yang dipilih bebas dari bahan kimia berbahaya, sehingga lebih aman untuk anak-anak yang mungkin bersentuhan langsung dengan kulit balita. Ibu Sasiwardini selaku orang tua dari Mohammad Alfatih yaitu anggota kreatifitas ecoprint ini sangat terkesan "bahan bahan yang di gunakan juga ramah lingkungan dan aman bagi anak saya saya juga tidak khawatir apa bila anak saya bersentuhan langsung dengan bahan bahan dari ecoprint ini karna semuany 100% alami juga mengasah kekompakan kami sebagai ibu dan anak"

(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Kegiatan kreatifitas ecoprint ini di hadiri oleh 30 peserta balita yaitu dari perwakilan RT 001 s/d 010 yang turut meramaikan kegiatan ini Peserta yang mengikuti kegiatan ini juga mendapatkan pensil karakter sebagai hadiah dari kreatifitas ecoprint.

Kami sebagai anggota pengabdian pada masyarakat Kelompok 104 gelombang 09 dari Universitas Muhammadiyah Malang menyampaikan banyak terima kasih kepada warga Perumahan Sukun Pondok Indah RW 007, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. yang turut serta dalam melancarkan kegiatan ini.

Next Post Previous Post
Jasa ISBN