PT Menara Maritim Indonesia Gelar Lomba Tata Lingkungan untuk Tingkatkan Nasionalisme Jelang HUT ke-79 RI

PT Menara Maritim Indonesia Gelar Lomba Tata Lingkungan untuk Tingkatkan Nasionalisme Jelang HUT ke-79 RI

Nalar Rakyat, Jakarta
- Bertujuan memacu jiwa nasionalisme dan patriotisme jelang HUT ke-79 Republik Indonesia, PT Menara Maritim Indonesia (PT MMI) bekerja sama dengan Pelindo Regional 2 dan PT Subholding Pelindo Solusi Logistik (SPSL) menggelar Lomba Tata Lingkungan Kampung Pelindo yang dimulai sejak Jumat (9/8/2024). Pembukaan acara lomba digelar di Ruang Serba Guna Gedung Museum Maritim Indonesia, Jakarta Utara.

Dalam acara pembukaan dihadiri langsung oleh Plt. Direktur Utama PT MMI, Rudy Istiawan, Senior Manager (SM) Keuangan dan SDM PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, dan Manager Sumber Daya Manusia, Umum dan KBL PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok. Hadir juga Lurah Rawa Badak Utara, Nani, serta beberapa perwakilan RW dari Kelurahan Koja, Jakarta Utara.

Plt. Direktur Utama PT MMI sekaligus mewakili manajemen PT Subholding Pelindo Solusi Logistik (SPSL), Rudy Istiawan mengatakan lomba ini sebagai bentuk memelihara tradisi gotong royong dan meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan, khususnya bagi masyarakat sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

Rudy mengatakan dalam kegiatan ini, lima RT dari lingkup 1 RW di Kelurahan Rawa Badak Utara dan 1 RW di Kelurahan Koja, yaitu 5 RT dari masing-masing wilayah akan berlomba menata kampung supaya terlihat lebih indah. Pada tahun 2023, lima RT tersebut sudah berhasil menjadi pemenang lomba menghias gapura dan kini mereka kembali berlomba dalam menata lingkungan agar lebih cantik dan asri.

Selain itu, Rudy mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilakukan oleh PT MMI untuk berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat di sekitar wilayah operasional Pelindo Group.

"Kami berharap lomba ini bisa menjadikan wilayah Rawa Badak Utara, Koja menjadi lebih baik dan tertata ke depannya. Dengan demikian, akan tercipta sinergi yang lebih baik antara warga dan pelaku usaha kepelabuhanan,” kata Rudy, Selasa (13/8/2024).

Di tempat yang sama, Lurah Rawa Badak Utara, Nani berterima kasih atas kontribusi Pelindo Group terhadap warganya. Dia berkomitmen akan menginstruksikan Ketua RW setempat untuk mendukung pelaksanaan Lomba Tata Kampung Pelindo ini. Dia juga mengapresiasi segala kegiatan yang dilaksanakan Pelindo Group, baik yang bersifat fisik maupun non-fisik, seperti pelatihan Usaha Mikro Kecil (UMK) dan edukasi stunting yang pernah dilaksanakan sebelumnya.

“Kami berharap kegiatan-kegiatan TJSL yang telah berjalan ini dapat terus berlanjut. Tentunya juga menciptakan kerja sama yang lebih baik antara Pelindo dan Kelurahan Rawa Badak Utara,” ujar Nani.

Hal ini senada disampaikan Ketua RW 1 dari wilayah Kelurahan Koja, Ridwan yang menjadi salah satu peserta dalam Lomba Penataan Lingkungan Kampung Pelindo. Dia merasa bersyukur dan berterima kasih karena lokasi RW 01 sangat dekat dengan pelabuhan dan dapat berpartisipasi dalam kegiatan TJSL Pelindo.

PT MMI berharap melalui kegaitan ini dapat memberikan nilai tambah bagi lingkungan dan juga dapat memotivasi warga untuk menjaga kelestarian, kebersihan dan kenyamanan bagi pemukiman sekitar pelabuhan.

Sebagai informasi, Lomba Tata Kampung Pelindo digelar mulai 10-14 Agustus 2024. Kemudian akan dilakukan penilaian tanggal 15 Agustus 2024 dan pengumuman pemenang pada 16 Agustus 2024.

Next Post Previous Post
Jasa ISBN